NAT

NETWORK ADDRESS TRANSLATION~


NAT (Network Adderess Translation) adalah suatu metode untuk menghubungkan satu atau lebih komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP address. Penggunaan metode ini paling banyak digunakan dikarenakan keterbatasan alamat IP yang digunakan, kebutuhan untuk keamanan(security) dan kemudahan dalam administrasi jaringan.

IPv4 adalah protocol IP yang saat ini paling banyak digunakan karena memiliki 4 miliyar IP address yang tersedia. Bisa dibilang jumlah tersebut adalah jumlah seluruh komputer di bumi yang terhubung langsung ke internet. Dan itu belum tentu cukup karena pengguna internet di bumi pasti banyak, oleh karena itu ISP mengalokasikan pengguna internet menjadi ip address yang bersifat dinamik atau berganti-ganti. Lalu bagaimana dalam subuah permasalahan terdapat beberapa komputer yang ingin terhubung ke internet tapi cuma satu komputer yang dapat terhubung ke internet? Dengan adanya metode NAT yang dijalan pada sebuah komputer dan satu IP address tersebut dapat dibagi ke beberapa komputer lain sehinnga bisa terhubung ke internet bersamaan.

Keuntungan menggunakan NAT ini bisa dibilang banyak, karena pada sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah jaringan tidak hanya dapat mengakses server, tetapi juga dapat mengakses komputer lain yang terhubung dalam jaringan tersebut. Hal ini tentu sangat berhaya akan data-dat  penting dan hal-hal pribadi milik kita yang dapat diambil begitu saja. NAT dapat memberikan proteksi dengan memberikan ijin koneksi yang berasal dari dalam jaringan. Selain itu NAT juga dapat membatasi akses internet, mencatat traficc pada sebuah jaringan dan juga memberikan kemudahan dalam mengkonfigurasi jaringan. 


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer