Membuat Ad-Hoc atau Hospot Pribadi

Istilah Hospot sudah tidak terdengar asing bagi mereka yang sudah lama menggunakan sebuah jaringan pada sebuah keadaan dimana teman, saudara, dan orang-orang terdekat anda yang ingin terhubung dalam sebuah jaringan dengan cara meminta atau ijin dari salah satu pengguna yang sudah terhung kedalam sebuah jaringan dan ingin membagi nya dengan cara hospot.

Hospot adalah sebuah metode dimana seorang pengguna dapat memperoleh akses internet, biasanya menggunaka teknologi Wi-Fi dan membagi akses tersebut kepada pengguna lain yang belum terhubung ke internet. Dan kali ini saya akan membagi tutorial cara share internet atau lebih dikenal dengan sebutan Hospot dari Pc/Laptop ke device yang dapat terhubung ke internet (misal Android).

Jaringan Ad Hoc adalah jaringan Wi-Fi yang memungkinkan beberapa komputer atau device lainnya dapat salang terhubung untuk berbagi secara bersamma melalui jaringan nirkabel. Hal ini merupakan solusi terbaik jika anda ingin berbagi akses internet atau sebuah file tanpa melalu media tertentu.

Untuk menggunakan metode ini kita bisa menggunakan progam Comand Prompt (CMD), karena agar lebih mudah dan efisien dalam penggunaannya. 
 1. Pertma kita lihat apakah komputer kita dapat membuat Wireless Ad-hoc. Caranya buka Start screen lalu ketik "CMD", pilih "Comand Prompt" lalu klik kanan dan pilih Run As Administrator. Setelah jendela Comand Prompt mucul, ketik :

netsh wlan show drivers  (enter)




Pada tulisan " Hosted network supported " jika hasilnya Yes berarti pc atau laptop yang kamu miliki dapat membuat Ad hoc, sebaliknya jika hasilnya No maka driver yang kamu miliki belum support Ad hoc, saran saya coba update driver pc atau laptop tersebut.

Setelah kita mengecek support tidaknya pc atau laptop yang kita miliki, selanjutnya kita akan membuat ad-hocnya dengan cara ketik perintah ini pada cmd :


  netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=inet(nama hospot) key=12345678(password)


Untuk ssid  adalah nama hospot, key adalah password  

Untuk menghidupkan Ad-hoc yang tadi kita buat ketik perintah pada cmd :


netsh wlan start hostednetwork





Untuk mematikan Ad-hoc yang tadi kita buat ketik perintah pada cmd :

netsh wlan stop hostednetwork


Selanjutnya agar hospot yang kita buat dapat mengakses internet, kita harus konfigurasi interface dengan cara masuk ControlPanel>NetworkandInternet>NetworkandSharingCenter>ChangeAdapterSetting

Lalu klik propertis pada adapter yang sedang terhubung internet


Dan pilih tab Sharing lalu centang 2 kotak tersebut dan pilih share ke Ad-hoc yang tadi kita buat


Setelah berhasil silahkan konek hospot yang kita buat lalu enjoy dengan segelas kopi :v

Komentar

Postingan Populer